Tajuk Rencana


Prospek Cerah bagi Wirausahawan Muda

Pelajarmaupun mahasiswa mulai melirik dunia kewirausahaan. Kita bisa melihat dari kegiata sebagian mereka yang berkaitan dengan bisnis. Seperti seminar, workshop,dan bahkan ada yang telah menjadi wirausahawan yang sukses. Mereka memilih berbisnis sebagai sarana untuk menuju sukses.
Sudah menjadi rahasia umum angka pengangguran di Indonesia sangat tinggi, BPS (Badan Pusat Statistik) menyatakan tingkat pengangguran terbuka mencapai 6,32% di Februari 2012 atau 7,61 juta orang dan sebagian dari mereka adalah para sarjana.  Akibat kesenjangan antara pertumbuhan angkatan kerja dan lapangan pekerjaan. Lapangan pekerjaan tidak sanggup menampung banyaknya pencari kerja. Untuk itu berwirausaha menjadi jalan keluar bagi mereka dalam mengurangi angka pengangguran dan melatih untuk mandiri, kreatif dan inovatif dalam mengelola sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada di daerahnya.
Untuk membangkitkan perekonomian dan melepaskan ketergantungan Indonesia terhadap bangsa lain, perlu menciptakan wirausaha yang banyak. Banyaknya wirausaha perlu dibarengi dengan karakter yang sehat sesuai dengan budaya dan kearifan masyarakat Indonesia.
Banyak para ahli ekonomi yang meramalkan bahwa pada tahun 2050 nanti, 50 persen perekonomian dunia akan dikuasai oleh Asia, dimana akan ada 3 kekuatan yang mampu mengusai pasar dunia, yaitu1. Greater China (meliputiHongkong, Macau, Shenzen). Negara Thailand, Korea Selatan dan Jepang adalah negara-negara  yang  bisa menggantikan kekuatan greater of China.2.Greater India (meliputi India, Pakistan, Bangladesh).3. Greater Indonesia (meliputinegara-negara asia tenggara), dimana di kelompok ini lebih dari 50 persennya sudah dikuasaioleh Indonesia.
Melihat keadaan ekonomi Indonesia yang lebih baik, maka peluang untuk berusaha akan lebih besar tingkat keberhasilannya dengan catatan bahwa wirausaha yang berhasil adalah mereka yang selalu kerja keras, ulet, dan kreatif dalam menciptakan usaha khususnya usaha-usaha yang out of the box.
Tiga kelompok tersebut akan menjadi kekuatan ekonomi Asia yang akan menjadi kekuatan dunia. Oleh karena itu wirausahawan mudah arus bisa mengambil peluang mengingat masa depan dunia ada ditangan wirausahawan muda. Dunia juga diramalkan akan mengalami krisis FEW (Food, Energy and Water), untuk itu perlu diperhatikan agar para usahawan bisa memulai usaha dibidang-bidang Food, Energy and Water, dimana Indonesia memiliki peluang  yang luar biasa karena memiliki sumber daya alam yang sangat banyak. Para usahawan pun harus bisa melihat trend-trend yang terjadi baik trend global, regional ataupun trend yang terjadi di negaranya sendiri, sehingga denganmengikuti trend, akan selalu menciptakan wirausaha-wirausaha yang out of the box untuk menuju kesuksesan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pelita Kalam Design by Insight © 2009